SDIT INSAN UTAMA MULAI BERKEMBANG

INSAN UTAMA MULAI BERKEMBANG

 berdiri dibawah naungan Yayasan Insan Utama. Sekolah ini berdiri atas permintaan dari masyarakat khususnya para wali murid yang putra-putrinya disekolahkan di TKIT Insan Utama. Mereka menganggap bahwa target dan tujuan yang dicanangkan oleh lembaga prasekolah tersebut harus dituntaskan dengan menyediakan sekolah dasar .

Atas desakan masyarakat itulah kemudian Yayasan Insan Utama pada tahun 2002 mengembangkan bidang garapnya pada lembaga pendidikan sekolah dasar yang kemudian diberi nama SDIT Insan Utama. Dengan menyewa sebuah gedung berukuran kurang lebih 15×10 meter beserta halamannya maka dimulailah proses kegiatan belajar mengajar oleh 3 orang guru. Seiring dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusianya maka pada tahun 2003 SDIT Insan Utama bertambah peminatnya yakni 26 siswa. Karena standard sarana gedung sangat tidak memenuhi kebutuhan sekolah akhirnya Yayasan Insan Utama atas pertolongan Allah SWT mendapatkan tanah seluas 1400 m2.Tidak lama berselang kurang lebih 3 bulan gedung sederhana sudah terbangun.Hingga akhirnya tahun ajaran 2003/2004 secara resmi SDIT Insan Utama menempati gedung milik sendiri.

Upaya terus dilakukan baik oleh lembaga maupun yayasan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan mutu dan fasilitas pendidikan ini. Jalinan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan dinas pendidikan serta JSIT ( Jaringan Sekolah Islam Terpadu ) DIY juga tidak kalah mapan. Lokal demi lokal terus dibangun guna terpenuhinya harapan masyarakat. Tahun ke-3 yakni tahun ajaran 2004/2005 sekolah ini mendapatkan peserta didik berjumlah 17 siswa. Kebutuhan akan gurupun bertambah sehingga yayasan harus merekrut 5 guru tetap yayasan dan beberapa guru tidak tetap. Di tahun itu juga sekolah ini semakin kuat kepercayaan masyarakat sehingga dipercaya untuk mengadakan sarana ibadah yang mendapatkan wakaf tanah dan bangunan masjid .

Melihat prestasi hasil belajar siswa yang cukup fantastis maka yayasan ini kemudian berusaha memperluas arena belajar siswa dengan membebaskan tanah seluas 525 m2 didepan halaman masjid. Tahun 2005/2006 ini luas keseluruhan tanah di SDIT Insan Utama 1.925 m2 dengan setatus milik sendiri. Di tahun itu pula jumlah siswa bertambah 23 anak.

Memasuki tahun ke – 5 yakni tahun ajaran 2006/2007 SDIT Insan Utama sudah banyak memberikan sumbangan prestasi yang mengagumkan, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Hal ini memperkuat keyakinan yayasan bahwa lembaga ini cukup diminati oleh masyarakat. Sehingga harus dilakukan pengembangan. Penambahan SDM sekolah pun terus ditambah hingga di tahun tersebut berhasil terrekrut 25 siswa baru.

Program sekolah yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan SDIT Insan Utama tahun ajaran 2007/2008 berhasil menarik minat masyarakat. Sehingga siswapun terus bertambah 23 siswa. Tentu saja kebutuhan arena belajar menjadi sangat diutamakan. Begitu penduduk setempat menawarkan tanah disekitar sekolah untuk disewakan Yayasan Insan Utama berusaha untuk mendapatkannya. Sehingga ditahun tersebut bersama genapnya kelas yakni kelas 1 sampai dengan kelas 6, terpenuhi pula arena belajar dan bermain siswa SDIT Insan Utama.